RSS

Kesepahaman Kerjasama Aliansi Masyarakat Adat Nusantara(AMAN)Dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Berjalan Dengan Baik.

Kesepahaman Kerjasama Aliansi Masyarakat Adat Nusantara(AMAN)Dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Berjalan Dengan Baik.
habaritahbarut habaritahbarut
September 02, 2019



Puruk Cahu- Setelah melalui beberapa kali pertemuan dan diskusi panjang, Badan Pelaksana Harian Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (BPHD AMAN) dan Dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten  murung raya kalimantan tengah sepaham dan bersepakat.

“Puji syukur dengan Tuhan, akhirnya pada hari Saptu Tanggal 31 Agustus 2019 kemarin kami bersepakat”,kata Ketua BPHD murung raya Sahrudin melalui whatspp kepada media wartarepulik.net





Ditambahkannya, kesepakatan itu merupakan hasil dari rumusan panjang selama ini dengan pihak Dinas lingkungan hidup(DLH) dan akhirnya semua sudah sepakat butir-butir dari MoU tersebut.

Dinas lingkungan hidup(DLH)Murung raya kalimantan tengah -Melakukan pertukaran data informasi dan pengatahuan dalam rangka peningkatan peran dan kenerja.
 nota kesepahaman dengan Sahrudi Ketua BPHD Aliansi masyarakat adat nusantara (AMAN)dikantor DLH murung raya kalimantan tengah.

Acara penandatanganan ini  dihadiri kepala Dinas Ir.Pujo sarwono dan beberapa staf Dinas Lingkungan hidup lainnya,Dalam kerjasam tersebut ada beberapa poin Disepakati oleh dua belah pihak atara lain sebagai berikut:





-Melakukan idintifikasi dan inventarisasi keberadaan masyarakat adat,wilayah adat,kearipan lokal,hak-hak asal usul/hak tradisonal dan mendurung pemetaan wilayah adat masarakat hukup adat.
-Menyusun peduman dokumentasi idintifikasi dan inventarisasi keberadaan masarakat adat,wilayah,kearifan lokal dan hak-hak asal usul/hak tradisionalnya.
-Meningkatkan rangka pendampingan pelaksana program perioritas pemerintah kabupaten murung raya di tengah masarakat,melakukan penguatan kelembagaan adat dalam pengelolahan lingkungan hidup
-Memfasilitasi pembentukan hukum daerah terkait dengan pengakuan perlindungan hak madarakat adat dayak dan pemberdayaan  masarakat adat dayak.
-Mengembangkan model-model pembangunan berbasis masarakat adat yang brtumpu pada penguatan kearifan lokal serta mengembangkan objek wisata masarakat adat yang berdaya saing.(Iwan)

Bagikan!  

0 Comments: